Nasib Karyawan BUMN di Tengah Serbuan Milenial dan Disrupsi Digital


Merdeka.com - Penduduk Indonesia saat ini didominasi oleh usia muda atau lebih dikenal kaum milenial. Tak terkecuali di perusahaan BUMN yang kini sudah mulai didominasi oleh kaum muda sebagai karyawannya.
Lalu, bagaimana nasib karyawan yang sudah tidak lagi berusia muda?
Human Capital Management PT Telekomunikasi Indonesia, Edi Witjara mengungkapkan saat ini di perusahaannya struktur karyawan milenial mencapai 33 persen. Sisanya, adalah karyawan dengan usia tak lagi muda.
"Total karyawan yang permanen dan non permanen adalah 100 ribu an orang, 33 persennya milenila," kata dia saat ditemui dalam acara BUMN di Tengah Pusaran Milenial dan Disrupsi Digital, Di Gedung RRI, Jakarta, Kamis (26/9).
Kendati demikian, dia menjelaskan tak ada perbedaan antara karyawan milenial dengan yang sudah berumur. Semuanya saat ini sudah melek digital meski tingkat kemampuannya memang sedikit berbeda.
"Yang penting sebenarnya culture jadi culture kami membangun bahwa tidak semua yang old person tidak mau ke arah digital tapi hanya speednya mungkin dan memang naturenya yang harus dibangun kembali," ujarnya.
Menurutnya, kehadiran milenial di dalam perusahaan akan menjadi pemicu generasi pendahulunya untuk ikut melek dan mengikuti teknologi terkini. "Kita ada culture digital yang dibangun kita sebut culture kolaboratif, itu yang membuat orang kebawa tapi engine harus temen-temen yang memang di area milenial itu," ujarnya.
Perusahaan juga kerap menggelar lomba yang mengharuskan karyawan mencari ide-ide baru yang inovatif. Hal itu untuk membuat perusahaan serta karyawan di dalamnya tetap dapat mengimbangi kemajuan jaman.
"Kita harus selalu transform terus jadi adaptibility perusahaan terhadap perubahan itu harus memegang kunci makanya kalau secara korporasi kita juga selalu merolling corporate strategic kita termasuk visi misi. Kita lihat lagi apakah sudah pas dengan kondisi sekarang, karena apa ? 2 tahun lalu tepat bisa jadi hari ini sudah tidak pas lagi," tutupnya.
Sumber:Merdeka.com
Share:

Recent Posts