PP Infrastruktur Siapkan Investasi Rp 1,6 T untuk Air Minum

Air minum
Foto: .

PP Infrastruktur menggandeng Maynilad Water Services untuk menggarap proyek air minum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PP (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT PP Infrastruktur berencana menggarap proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Adapun proyek tersebut akan dikerjakan dan dikelola oleh konsorsium PPMV yang terdiri dari PT PP Infrastruktur, Maynilad Water Services Inc dan PT Varsha Zamindo Lestari.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Republika, Rabu (4/9), proyek tersebut menelan investasi sebesar Rp 1,6 triliun, meliputi pembiayaan pembangunan Instalasi Pengolahan Air kapasitas output 1000 lpd, beserta seluruh bangunan kelengkapannya, pembangunan pipa transmisi, pembangunan seluruh jaringan distribusi di area pelayanan, serta membantu kedua PDAM untuk peningkatan kinerja dengan adanya twinning program.

"Proyek tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Penetapan Pemenang Pengadaan Badan Usaha Kerja Sama Penyelenggaraan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar," tulis siaran pers tersebut.

Adapun SK Penetapan Pemenang Pengadaan Badan Usaha Kerjasama Lintas Kota Pekanbaru-Kabupaten Kampar diberikan oleh Direktur PT SPR Nasir Day, yang telah ditunjuk sebagai penyelenggara SPAM Regional Provinsi Riau oleh Gubernur Riau dan diterima oleh Direktur Operasional PT PP Infrastruktur Satya Priambodo, sekaligus sebagai kuasa resmi Konsorsium PPMV.

SPAM Lintas Kota Pekanbaru Kab Kampar akan melayani +/- 624.000 jiwa (sekitar 102.000 sambungan rumah) lima kecamatan yaitu Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu, dan Tambang dengan peningkatan cakupan layanan nol persen di area pelayanan, menjadi 55 persen (greenfields) dengan sumber air baku adalah Sungai Kampar.

Kerja sama ini akan berlangsung selama 30 tahun antara Konsorsium PPMV dan Divisi Air PT Sarana Pembangunan Riau, PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru dan PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar. Pembangunan SPAM Lintas Kota Pekanbaru-Kabupaten Kampar direncanakan pada 2020 dan diharapkan air minum akan mengalir sampai di rumah pelanggan secara bertahap mulai pada 2021.

Konsorsium PPMV (PT PP Infrastruktur, Maynilad Water Services Inc dan PT Varsha Zamindo Lestari) merupakan badan usaha yang dibentuk untuk membangun dan mengelola SPAM Lintas Kota Pekanbaru-Kabupaten Kampar. PT PP Infrastruktur merupakan perusahaan investasi, anak usaha PT PP (Persero) Tbk BUMN yang bergerak di pembangunan dan pengelolaan infrastruktur seperti jalan tol, kawasan industri, pelabuhan, bandara, fiber optic dan air minum.

Share:

Recent Posts